BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Seiring bertambahnya jumlah penduduk yang
ada di dunia permintaan akan kebutuhan barang-barang semakin meningkat, dalam kegiatan
operasional suatu perusahaan, transportasi sangat dibutuhkan sebagai penghubung
agar barang yang di minta dapat sampai ke tujuan. Transportasi itu sendiri
diartikan sebagai perpindahan orang dan atau barang dari satu tempat ke tempat
lain dengan menggunakan moda transportasi/kendaraan di ruang lalu lintas jalan.
Transportasi menjadi salah satu aspek dalam mendukung perekonomian suatu negara,
karena itu merupakan salah satu sumber daya terpenting dalam sistem
pendistribusian barang.
PT.Inti Dinamika Logitama Indonesia Jakarta merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa
warehouse dan bongkar muat cargo serta pengiriman barang, yang menggunakan
perusahaan jasa transportasi lain atau yg disebut juga dengan transporter dalam
pengiriman barang.
Hal yang harus diperhatikan oleh
perusahaan pengiriman barang dalam menggunakan jasa transportasi lain atau
perusahaan pengangkut barang adalah kualitas sumber daya manusia, karena transporter
memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap ketepatan waktu pengiriman barang,
kegiatan pengiriman barang harus dilakukan secara tepat waktu sesuai dengan
yang sudah direncanakan (On Time
Delivery).
Namun permasalahan yang sering terjadi yaitu,
Kedisiplinan transporter dalam menjalankan pekerjaan dalam hal mengirim barang
yang belum optimal, tidak melakukan perawatan kendaraan secara rutin untuk
kelancaran on time delivery,
terlambat mengembalikan dokumen POD (Prove
On Delivery) ke gudang, kurangnya rasa tanggung jawab bahwa transporter
merupakan wujud kerja sama antar perusahaan untuk mencapai tujuan yang sama,
belum optimalnya pengawasan yang dilakukan pihak manajemen PT.Inti Dinamika
Logitama Indonesia Jakarta.
Berdasarkan uraian diatas, penulis ingin
mengkaji lebih dalam dan mengemukakannya dalam bentuk skripsi dengan judul “ANALISIS PENGARUH KINERJA TRANSPORTER
TERHADAP PENCAPAIAN ON TIME DELIVERY
PADA PT.INTI DINAMIKA LOGITAMA INDONESIA JAKARTA TAHUN 2016”. Untuk selanjutnya,
dalam penulisan PT.Inti Dinamika Logitama Indonesia Jakarta penulis singkat
menjadi PT.ID Logistics Indonesia.
B.
Rumusan
Masalah
1.
Identifikasi
Masalah
Dari latar belakang tersebut, penulis
menentukan beberapa identifikasi permasalahan yaitu :
a. Kedisiplinan
transporter dalam menjalankan pekerjaan dalam hal mengirim barang yang belum
optimal.
b. Belum
melakukan perawatan kendaraan secara rutin untuk kelancaran on time delivery.
c. Terlambat
mengembalikan dokumen POD (Prove On Delivery)
ke gudang.
d. Belum
optimalnya pengawasan yang dilakukan oleh manajemen PT.ID Logistics Indonesia
terhadap kinerja transporter dalam mencapai on
time delivery.
e. Kurangnya
rasa tanggung jawab bahwa transporter
sebagai salah satu ikatan kerja sama antar perusahaan guna mencapai tujuan yang
sama.
2.
Batasan
Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah, agar
tidak meluasnya permasalahan yang dihadapi, maka masalah ini dibatasi pada
pengaruh kinerja transporter terhadap pencapaian on time delivery untuk wilayah jabodetabek pada PT.ID Logistics
Indonesia tahun 2016.
Pada PT.ID Logistics Indonesia,
transporter sudah menjadi bagian serta satu kesatuan dari perusahaan karena
saling bekerja sama guna mencapai tujuan yang sama. Maka dari itu, penulis
meneliti kinerja transporter secara general.
3.
Pokok
Permasalahan
Berdasarkan batasan masalah, maka
dalam hal ini dapat diketahui pokok permasalahan yang akan diangkat adalah
sebagai berikut :
a. Bagaimana
kinerja transporter pada PT.ID Logistics Indonesia tahun 2016?
b. Bagaimana
tingkat pencapaian on time delivery
untuk wilayah jabodetabek pada PT.ID Logistics Indonesia tahun 2016?
c. Seberapa
besar pengaruh kinerja transporter terhadap pencapaian on time delivery untuk wilayah jabodetabek pada PT.ID Logistics
Indonesia tahun 2016?
C.
Tujuan
Dan Manfaat Penelitian
1.
Tujuan
Penelitian
Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
a. Untuk
mengetahui kinerja transporter pada PT.ID Logistics Indonesia.
b. Untuk
mengetahui tingkat pencapaian on time
delivery untuk wilayah jabodetabek
pada PT.ID Logistics Indonesia.
c. Untuk
mengetahui seberapa besar kinerja transporter berpengaruh terhadap pencapaian on time delivery untuk wilayah
jabodetabek pada PT.ID Logistics Indonesia.
2.
Manfaat
Penelitian
a. Bagi
Penulis
Sebagai
syarat kelulusan untuk mendapat gelar strata satu (S1) dan untuk menambah pengetahuan serta wawasan
dari apa yang telah diteliti mengenai kinerja dan pencapaian on time delivery.
b. Bagi
STMT Trisakti
Manfaat
penulisan skripsi ini bagi STMT Trisakti adalah sebagai bahan pengembangan ilmu
pengetahuan, dan sebagai bahan referensi bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui
pembahasan khususnya pada bidang Manajemen Logistik dan Material mengenai pengaruh
kinerja transporter terhadap pencapaian on
time delivery.
c. Bagi
Perusahaan
Agar
dapat dijadikan saran/masukan atas apa yang telah penulis teliti dan analisis
mengenai masalah yang ada didalam perusahaan, dan agar dapat dijadikan titik
temu untuk perkembangan perusahaan.
D.
Metodologi
Penelitian
1. Jenis dan Sumber Data
a.
Jenis data dalam penelitian ini adalah data
kualitatif dan kuantittif.
Menurut J.Supranto (2009:8) data kualitatif adalah data yang tidak
berbentuk angka (nonumeris). Sedangkan data kuantitatif adalah data yang
dinyatakan dalam bentuk angka. Data kualitatif didapat langsung dari responden
mengenai kinerja transporter dalam
bentuk jawaban kuesioner. Yang kemudian dikuantitatifkan atau dijadikan data
angka ke dalam skala likert dimana data dan skornya dapat dilihat didalam tabel
berikut ini :
Tabel 1.1
Skala Lima (Likert)
Pendapat
|
Skor
|
Sangat
Setuju
|
5
|
Setuju
|
4
|
Ragu-Ragu
|
3
|
Tidak
Setuju
|
2
|
Sangat
Tidak Setuju
|
1
|
Sumber (Sugiyono, 2012:136)
b.
Sedangkan sumber data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Berikut pengertian dari
data primer dan data sekunder menurut J.Supranto
(2009:11) :
1)
Data primer yaitu data yang dikumpulkan dan
diolah sendiri oleh suatu organisasi atau perorangan langsung dari objeknya.
dalam hal ini data primer diperoleh secara langsung dari responden dalam bentuk
kuesioner dan wawancara mengenai kinerja.
2)
Data sekunder
yaitu data yang diperoleh dalam bentuk jadi dan telah diolah oleh pihak lain.
Data sekunder dikumpulkan
oleh peneliti dari berbagai sumber yang tersedia seperti jurnal, buku, laporan
yang dapat dipergunakan sebagai dasar penunjang dalam menganalisis
masalah-masalah yang menjadi bahasan dalam penelitian ini.
2. Populasi dan Sampel
Populasi menurut Sugiyono (2007:61) adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas
obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan
oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Populasi
dari penelitian ini adalah 45 transporter yaitu 45 sopir pada PT.ID Logistics
Indonesia yang bertugas mengangkut barang dari gudang menuju toko tujuan.
Sampel menurut Sugiyono (2007:62) adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang
dimiliki oleh populasi tersebut. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus
dari riduwan yang dikutip dari Taro Yamane (Riduwan
2012:18) adalah sebagai berikut :
n =
dimana :
n = Jumlah
sampel
N = Jumlah
populasi
d² = Presisi yang ditetapkan (ditetapkan
5% dengan tingkat kepercayaan 95%)
Maka, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah :
n =
=
= 40,44
(dibulatkan menjadi 40)
Jadi, jumlah sampel yang digunakan peneliti sebanyak 40
orang sopir.
3.
Metode
Pengumpulan Data
a. Riset
Lapangan (Field Research)
Merupakan
data yang diperoleh melalui penelitian langsung di perusahaan dengan cara :
1) Pengamatan
(Observasi)
Observasi
atau pengamatan secara langsung ke lapangan penulis lakukan guna mendapatkan data yang aktual dari
permasalahan yang penulis teliti.
2)
Wawancara (Interview)
Selain
pengamatan langsung ke lapangan, penulis juga melakukan wawancara secara
langsung dengan pihak-pihak terkait baik di lapangan maupun didalam kantor guna
membantu melengkapi data-data yang penulis butuhkan terkait dengan permasalahan
yang diteliti.
3) Kuesioner
Penulis
melakukan penyebaran kuisioner yang ditujukan kepada 40 orang responden,
jawaban yang bersifat kualitatif selanjutnya akan diolah menjadi kuantitatif
dengan menggunakan skala likert.
b. Studi
Kepustakaan (Library Research)
Merupakan
data relevan yang menggunakan teori-teori dari kepustakaan sebagai bahan acuan
yang berkaitan dalam penyusunan skripsi atas judul yang penulis gunakan. Baik
itu bersumber dari buku, majalah, atau dokumen-dokumen yang terakait dalam
judul skripsi.
4.
Metode
Analisis Data
a. Analisis
Regresi Linier Sederhana
Regresi sederhana
didasarkan pada hubungan fungsional ataupun kausal satu variabel independen
dengan satu variabel dependen. Persamaan umum regresi linier sederhana menurut Sugiyono,
2010:272 adalah sebagai berikut :
Y
= a + bX
Dimana :
Y =
Subyek dalam variabel dependen yang diprediksikan.
a =
Harga Y bila X=0 (konstanta)
b = Angka
arah atau koefisien regresi, yang menunjukan angka peningkatan ataupun
penurunan variabel dependen yang didasarkan pada variabel independen. Bila b (
+ ) maka naik, dan bila ( - ) maka terjadi penurunan.
X = Subyek
pada variabel independen yang mempunyai nilai tertentu.
Harga
a dan b dapat dicari dengan rumus sebagai berikut :
b
=
a =
b.
Analisis
Koefisien Korelasi
Analisis
korelasi digunakan untuk mencari hubungan dan membuktikan hipotesis hubungan
dua variabel bila data kedua variabel berbentuk interval atau ratio, dan sumber
data dari dua variabel atau lebih tersebut adalah sama. (Sugiyono, 2010:228)
=
Dimana
:
=
Koefisien antara variabel x dengan y
y =
Variabel dependen
x =
Variabel independen
a =
besarnya sampel
r = 1, hubungan X dan Y adalah sangat kuat
r = -1, hubungan X dan Y adalah sangat sempurna.
r = 0, tidak ada hubungan x dan y
Selanjutnya hasil perhitungan korelasi
antara variabel dikonsultasikan dengan tabel berikut ini :
Tabel 1.2
Interpretasi
Koefisien Korelasi
Interval
Koefisien
|
Tingkat Hubungan
|
0,00 -
0,199
|
Sangat
Rendah
|
0,20 -
0,399
|
Rendah
|
0,40 -
0,599
|
Sedang
|
0,60 -
0,799
|
Kuat
|
0,80 -
1,000
|
Sangat
Kuat
|
Sumber
: (Sugiyono, 2010:231)
c. Analisis
Koefisien Penentu
Koefisien penentu atau
Koefisien determinasi adalah kuadrat dari koefisien korelasi (r²). Koefisien
ini disebut dengan koefisien penentu, karena varians yang terjadi pada variabel
dependen dapat dijelaskan melalui varians yang terjadi pada variabel independe.
(Sugiyono, 2010:231)
KP
= r² x 100%
d. Analisis
Uji Hipotesis
Uji hipotesis digunakan
untuk menguji signifikansi konstanta dan variabel dependen. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan cara membandingkan nilai (
) terhadap (
).(Riduwan, 2012:274)
1) Hipotesis
Statistik
a) Ho
: r = 0, artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X
terhadap variabel Y.
b) Ha
: r > 0, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X
terhadap variabel Y.
2) Mencari
nilai
digunakan rumus (Sugiyono, 2010:230) :
=
3) Mencari
nilai
:
4) Kesimpulan
Uji Hipotesis
a) Bila
,
maka Ho ditolak,Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara
variabel X dan variabel Y.
b) Bila
,
maka Ho diterima, Ha ditolak. Artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan
antara variabel X dan variabel Y.
E.
Hipotesis
Diduga terdapat pengaruh yang signifikan antara
kinerja transporter terhadap pencapaian on
time delivery pada PT. ID Logistics Indonesia tahun 2016.
F.
Sistematika
Penulisan
Penyusunan skripsi ini disusun dengan
sistematika sebagai berikut :
BAB
I : PENDAHULUAN
Pada bab
ini penulis menguraikan latar belakang masalah, perumusan masalah yang meliputi
pembatasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian serta
sistematika penulisan skripsi.
BAB
II : LANDASAN TEORI
Pada bab
ini penulis menguraikan teori yang berkaitan dengan judul skripsi secara
deduktif dari yang berlingkup luas hingga ke teori yang akan digunakan untuk
menganalisis permasalahan seperti teori-teori mengenai
Transportasi, kedisiplinan, kinerja, transporter, on time delivery, dan lain-lain.
BAB
III : GAMBARAN UMUM
PERUSAHAAN
Pada
bab ini penulis membahas mengenai gambaran secara umum PT.Inti Dinamika
Logitama Indonesia. Mulai dari sejarah perusahaan, organisasi dan manajemen, visi
dan misi perusahaan, serta kegiatan usaha perusahaan.
BAB
IV : ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Dalam
bab ini, penulis membahas mengenai hasil penelitian dari data yang telah
diperoleh.
BAB
V : PENUTUP
Pada
bab ini merupakan bagian akhir dari isi skripsi yang penulis buat, didalamnya terdapat
kesimpulan dan saran dari masalah yang telah diteliti dan dibahas oleh penulis.
Yang diambil dari bab sebelumnya yaitu pembahasan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar