TUGAS MANDIRI
PROPOSAL SKRIPSI
NAMA :
SETYO RAHARDJO UTOMO
NIM :
2244.13.148
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPORT
(STMT) TRISAKTI – JAKARTA
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Di dalam setiap perusahaan akan
tercapainnya tujuan bergantung pada kualitas sumber daya manusia yang dimiliki serta
didukung oleh beberapa faktor produksi lainnya. Hal ini tidak lepas dari peran
pemimpin dengan kepemimpinan yang partisipatif dan transparansif dalam
bekerjasama dengan pegawai untuk mewujudkan tujuan organisasi atau perusahaan.
Dengan memberikan kompensasi. Perusahaan
mengiginkan para pegawai mendapat kepuasan dalam bekerja yang merupakan
pencapaian prestasi kerja yang akan memberikan karateristik pegawai pada prestasi
individunya yang pada akhirnya akan terlihat pula peningkatan hasil kerja.
Dengan adanya kompensasi akan membuat kepuasan kerja pada pegawai yang akan
memacu semangat dalam bekerja sehingga dapat memberikan kerja yang bagus.
Kompensasi sangat penting bagi pegawai,
hal ini karena kompensasi merupakan sumber penghasilan bagi mereka dan
keluarganya. Kompensasi juga menjadi suatu gambaran status dan sosial seorang
pegawai kompenasasi yang sesuai juga akan menetukan apakah pegawai akan tetap
bertahan bekerja atau keluar dari tempatnya bekerja. Pemberian kompensasi
dimaksudkan agar pegawai dapat bekerja secara maksimal sehingga menghasilkan
kinerja yang optimal.
Kompensasi memegang peranan penting dalam
meningkatkan kinerja pegawai, salah satu alasan utama seseorang akan bekerja
secara maksimal agar mendapat kompensasi yang sesuai. Jika program kompensasi
dirasakan adil maka perusahaan akan lebih mudah untuk menarik karyawan yang
potensial, mempertahankannya dan memotivasi karyawan agar lebih meningkatkan
kinerjanya sehingga produktivitas meningkat dan perusahaan mampu menghasilkan
produk dengan harga yang kompetitif.
Oleh karena itu pemberian kompensasi yang
adil dan benar sangat berpengaruh terhadap kinerja pegawai, karena dalam memberikan
kompensasi yang adil dan benar akan meningkatkan produktivitas pegawai untuk
menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis menuangkan dalam
skripsi yang berjudul “HUBUNGAN KOMPENSASI
DENGAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. CIPTA KRIDA BAHARI DIVISI DISTRIBUTION JAKARTA TAHUN 2015”
B.
Perumusan
Masalah
1.
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan penjelasan yang telah
diuraikan pada latar belakang, penulis mendapat identifikasi masalah seperti :
a. Pemberian
kompensasi yang kurang sesuai dengan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab
karyawan.
b. Penurunan
kinerja para karyawan memberikan pengaruh kepada pencapaian tujuan yang
diinginkan perusahaan.
c. Dampak
apa saja yang ditimbulkan jika kompensasi uang yang diberikan tidak sesuai yang
diharpkan.
2.
Pembatasan
Masalah
Guna memfokuskan masalah dalam skripsi
ini, peneliti membatasi masalah hanya pada hubungan kompensasi terhadap kinerja
karyawan PT. cipta krida bahari divisi distribution
3.
Pokok
Permasalahan
Berdasarkan latar belakang masalah yang
telah dipaparkan sebelumnya, maka pokok pembahasan yang akan dibahas sebagai
berikut:
a.
Bagaimana tingkat kompensasi yang
diberikan PT. Cipta Krida Bahari ?
b.
Bagaimana kinerja karyawan pada PT. Cipta
Krida Bahari divisi distribution
dalam melakukan tanggung jawabnya ?
c.
Adakah hubungan antara kompensasi dengan kinerja
pegawai PT. Cipta Krida Bahari divisi distribution
?
C. Tujuan Penelitian Dan Manfaat
Penelitian
1.
Tujuan Penelitian
a.
Untuk mengetahui bagaimana pemberian
kompensasi pada karyawan PT. Cipta Krida Bahari divisi distribution.
b.
Untuk mengetahui kinerja karyawan pada PT.
Cipta Krida Bahari divisi distribution.
c.
Untuk mengetahui hubungan kompensasi yang
diberikan dengan kinerja karyawan pada PT. Cipta Krida Bahari divisi distribution.
2. Manfaat
Penelitian
a.
Bagi Penulis
Untuk
menambah pengetahuan dan wawasan penulis, serta untuk meraih gelar strata satu ekonomi
pada STMT Trisakti
b.
Bagi Perusahaan
Diharapkan
melalui skripsi ini dapat memberikan masukan-masukan kepada pimpinan pihak
perusahaan tersebut, dan sebagai sumbangan pemikiran pada perusahaan untuk
menentukan kebijakan yang akan diambil dimasa yang akan datang serta perusahaan
dapat meningkatkan kinerja
c.
Bagi STMT Trisakti
Sebagai informasi
tambahan dan bahan bacaan untuk menambah pengetahuan khususnya pada manajemen logistics dan material, serta sekaligus
sebagai data dokumentasi perpustakaan STMT Trisakti
D. Metodologi Penelitian
1.
Jenis dan Sumber data
a.Jenis dan Sumber data
Dalam penelitian ini, jenis data yang
digunakan adalah:
1) Data
kualitatif yaitu data yang berupa kata-kata dan bukan angka. Data ini didapat
langsung dari koresponden. Kemudian data tersebut dikelompokan ke dalam skala
likert, dimana pendapat dan skornya dapat dilihat dalam tabel berikut:
2) Data kuantitatif yaitu data yang
berbentuk angka atau bilangan. Sumber data yang penulis gunakan dalam
penelitian ini :
a)
Data Primer yaitu data yang diperoleh
langsung dari karyawan berupa jawaban terhadap pertanyaan dalam kuesiober yang
diberikan kepada karyawan.
b)
Data Sekunder yaitu merupakan data yang
diperoleh dengan cara membaca, mempelajari, dan mengutip dari buku-buku, jurnal,
dan literatur yang berhubungan dengan materi yang dibahas
Tabel I.1
Skala Likert
Pendapat
|
Skor
|
Sangat Setuju
|
5
|
Setuju
|
4
|
Ragu-ragu
|
3
|
Tidak Setuju
|
2
|
Sangat tidak setuju
|
1
|
Sumber
: (Sugiyono, 2013 : 136)
2. Populasi dan Sampel
Populasi adalah wilayah generalisasi yang
terdiri dan obyek atau subyek yang memiliki kuantitas dan karakteristik
tertentu yang diterapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik
kesimpulannya (Ridwan 2013:237 dari Nazir 2004).Populasi dan penelitian ini
adalah seluruh karyawan PT Cipta Krida Bahari divisi distribution yang berjumlah 25 orang.
Sampel adalah sebagian dari populasi yang
diambil sebagai sumber data dan dapat mewakili seluruh populasi (Ridwan, 2013:
253). Dalm penelitian ini yang menjadi sampel adalah 25 orang.
3. Metode Pengumpulan Data
a. Riset Lapangan (Field Research)
Data diperoleh dengan penelitian langsung
ke PT. Cipta Krida Bahari
1) Wawancara
Penulis melakukan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait untuk melengkapi
data dalam penelitian ini.
2)
Observasi,
Merupakan salah satu
teknik operasional pengumpulan data melalui proses pencatatan secara cermat dan
sistematis terhadap obyek yang dicermati secara langsung.
3)
Kuesioner,
Merupakan
metode pengumpulan data dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan atau
angket yang akan diisi oleh pihak terkait atau responden.
b.Riset Kepustakaan
Mengumpulkan data dengan cara membaca dan mengutip dari buku, laporan
jurnal ilmiah, dan tulisan yang mengandung informasi dan mendukung landasan
teoritas mengenai masalah yang sedang diteliti.
4. Metode Analisa Data
a. Regresi linier sederhana
(Sugiyono, 2010 : 261)
Regresi sederhana didasarkan pada hubungan
fungsional ataupun kausal satu variabel independen dengan satu variabel
dependen. Persamaan umum regresi linier sederhana adalah :
Y = a + bX
Dimana :
Y = Subyek
dalam variabel dependen yang diprediksikan.
a = Harga Y
bila X = 0 (harga konstan).
b = Angka arah atau koefisien regresi, yang
menunjukkan angka peningkatan ataupun penurunan variabel dependen yang
didasarkan pada variabel independen. Bila b (+) maka naik, dan bila (-) maka
terjadi penurunan.
X =
Subyek pada variabel independen yang mempunyai nilai tertentu.
Selain itu, harga a dan b dapat
dicari dengan rumus berikut (Sugiyono, 2010 : 262):
b.
Koefisien
Korelasi (Sugiyono, 2010:228)
Teknik korelasi ini digunakan untuk
mencari hubungan dan membuktikan hipotesis hubungan dua variabel bila data
kedua variabel berbentuk interval atau ratio, dan sumber data dari dua variabel
atau lebih tersebut adalah sama.
Dimana:
rxy= Korelasi
antara variabel x dengan y.
y = Variabel dependen.
x = Variabel independen.
n = Besarnya sampel.
Tabel
I. 2
Interpretasi Koefisien Korelasi
Interval Koefisien
|
Tingkat Hubungan
|
0,00 - 0,199
|
Sangat rendah
|
0,20 - 0,399
|
Rendah
|
0,40 - 0,599
|
Sedang
|
0,60 - 0,799
|
Kuat
|
0,80- 1,000
|
Sangat kuat
|
Sumber :
(Sugiyono, 2010 : 231)
c.
Koefisien
Determinasi (Sugiyono, 2010 : 231)
Dalam analisis korelasi terdapat
suatu angka yang disebut denganKoefisien Determinasi, yang besarnya
adalah kuadrad dari koefisien korelasi (r2).
Koefisien ini disebut koefiisen penentu, karena varians
yang terjadi pada variable dependen dapat dijelaskan melalui varians yang
terjadi pada variabel independen.
KD = (r)2xlOO%
d.
Uji
Hipotesis (Sugiyono, 2010:230)
Pengujian
hipotesis dilakukan dengan cara membandingkan nilai thitung terhadap
ttabel. Perumusan hipotesis menggunakan hipotesis awal dengan r
(rho)yaitu:
Ho :r
= 0, artinya tidak ada pengaruh antara
variabel X terhadap variabel Y.
Ha :r≠
0, artinya terdapat pengaruh antara
variabel X terhadap Variabel Y.
Untuk mencari nilai thitung digunakan rumus:
t =
Sedangkan untuk mencari nilai ttabel
digunakan tabel distribusi pada = 5%(0,05);dk = n-2
Keterangan
:
t = thitung
yang selanjutnya dikonsultasikan dengan
r =
Koefisien korelasi.
n = Jumlah
anggota sampel.
Ketentuan
:
Bila thitung> ttabel maka
Ha diterima.
Bilathitung<ttabelsmaka Ha ditolak.
E.
Hipotesis
Hipotesis adalah diduga asumsi dasar yang digunakan dalam suatu
penelitian. Ada pengaruh antara variable X kompensasi dengan, variable Y yaitu
kinerja karyawan
F. Uji
hipotesis
1. Ho:
Tidak ada pengaruh antara kompensasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Cipta
Krida Bahari divisi distribution
2. Ha:
Ada pengaruh antara kompensasi terhdapa kinerja karyawan pada PT. Cipta Krida
Bahari divisi distribution
Gambar
I.1.
Kurva
Normal Uji Hipotesis
(Sugiyono,
2010 : 97)
G. Sistematika penulisan
Berikut sistematika penulisan yang akan digambarkan oleh penulis:
BAB I PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang, perumusan
masalah, tujuan dan manfaat penelitian serta metodologi penelitian.
BAB II LANDASAN TEORI
Teori adalah konsep yang telah teruji
secara empiris (melalui penelitian). Di dalam landasan teori ini, penulis
memilih berbagai macam teori yang berhubungan dengan skripsi.
BAB III GAMBARAN UMUM PT. CIPTA KRIDA BAHARI
Dalam bab ini, terdapat pembahasan mengenai
sejarah PT. cipta krida bahari.
BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini, berisi tentang pembahasan
dari apa yang tertulis pada judul skripsi.
BAB V PENUTUP
Berisi
tentang kesimpulan dari pembahasan serta saran.
Casino Player Reviews | Deposit at the Casino 2021
BalasHapusCasino 오산 출장샵 Player Reviews & Ratings by Casino Player. Casino Player 구미 출장안마 Ratings and information 정읍 출장안마 about their gaming experience. Learn about casino bonuses, safety, 영주 출장안마 reputation, Rating: 4.2 · 3,397 reviews 세종특별자치 출장마사지