Selasa, 26 April 2016

TUGAS MANDIRI
PROPOSAL SKRIPSI



NAMA             : SETYO RAHARDJO UTOMO
NIM                 : 2244.13.148


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPORT
(STMT) TRISAKTI – JAKARTA



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
     Di dalam setiap perusahaan akan tercapainnya tujuan bergantung pada kualitas sumber daya manusia yang dimiliki serta didukung oleh beberapa faktor produksi lainnya. Hal ini tidak lepas dari peran pemimpin dengan kepemimpinan yang partisipatif dan transparansif dalam bekerjasama dengan pegawai untuk mewujudkan tujuan organisasi atau perusahaan.
     Dengan memberikan kompensasi. Perusahaan mengiginkan para pegawai mendapat kepuasan dalam bekerja yang merupakan pencapaian prestasi kerja yang akan memberikan karateristik pegawai pada prestasi individunya yang pada akhirnya akan terlihat pula peningkatan hasil kerja. Dengan adanya kompensasi akan membuat kepuasan kerja pada pegawai yang akan memacu semangat dalam bekerja sehingga dapat memberikan kerja yang bagus.
     Kompensasi sangat penting bagi pegawai, hal ini karena kompensasi merupakan sumber penghasilan bagi mereka dan keluarganya. Kompensasi juga menjadi suatu gambaran status dan sosial seorang pegawai kompenasasi yang sesuai juga akan menetukan apakah pegawai akan tetap bertahan bekerja atau keluar dari tempatnya bekerja. Pemberian kompensasi dimaksudkan agar pegawai dapat bekerja secara maksimal sehingga menghasilkan kinerja yang optimal.
     Kompensasi memegang peranan penting dalam meningkatkan kinerja pegawai, salah satu alasan utama seseorang akan bekerja secara maksimal agar mendapat kompensasi yang sesuai. Jika program kompensasi dirasakan adil maka perusahaan akan lebih mudah untuk menarik karyawan yang potensial, mempertahankannya dan memotivasi karyawan agar lebih meningkatkan kinerjanya sehingga produktivitas meningkat dan perusahaan mampu menghasilkan produk dengan harga yang kompetitif.
     Oleh karena itu pemberian kompensasi yang adil dan benar sangat berpengaruh terhadap kinerja pegawai, karena dalam memberikan kompensasi yang adil dan benar akan meningkatkan produktivitas pegawai untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.
     Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis menuangkan dalam skripsi yang berjudul HUBUNGAN KOMPENSASI DENGAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. CIPTA KRIDA BAHARI DIVISI DISTRIBUTION JAKARTA TAHUN 2015”
B.     Perumusan Masalah
1.   Identifikasi Masalah
     Berdasarkan penjelasan yang telah diuraikan pada latar belakang, penulis mendapat identifikasi masalah seperti :
a.    Pemberian kompensasi yang kurang sesuai dengan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab karyawan.
b.   Penurunan kinerja para karyawan memberikan pengaruh kepada pencapaian tujuan yang diinginkan perusahaan.
c.    Dampak apa saja yang ditimbulkan jika kompensasi uang yang diberikan tidak sesuai yang diharpkan.
2.   Pembatasan Masalah
     Guna memfokuskan masalah dalam skripsi ini, peneliti membatasi masalah hanya pada hubungan kompensasi terhadap kinerja karyawan PT. cipta krida bahari divisi distribution
3.   Pokok Permasalahan
     Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan sebelumnya, maka pokok pembahasan yang akan dibahas sebagai berikut:
a.    Bagaimana tingkat kompensasi yang diberikan PT. Cipta Krida Bahari ?
b.   Bagaimana kinerja karyawan pada PT. Cipta Krida Bahari divisi distribution dalam melakukan tanggung jawabnya ?
c.    Adakah hubungan antara kompensasi dengan kinerja pegawai PT. Cipta Krida Bahari divisi distribution ?
C.    Tujuan Penelitian Dan Manfaat Penelitian
1.   Tujuan Penelitian
a.    Untuk mengetahui bagaimana pemberian kompensasi pada karyawan PT. Cipta Krida Bahari divisi distribution.
b.   Untuk mengetahui kinerja karyawan pada PT. Cipta Krida Bahari divisi distribution.
c.    Untuk mengetahui hubungan kompensasi yang diberikan dengan kinerja karyawan pada PT. Cipta Krida Bahari divisi distribution.
2.   Manfaat Penelitian
a.    Bagi Penulis
Untuk menambah pengetahuan dan wawasan penulis, serta untuk meraih gelar strata satu ekonomi pada STMT Trisakti
b.   Bagi Perusahaan
Diharapkan melalui skripsi ini dapat memberikan masukan-masukan kepada pimpinan pihak perusahaan tersebut, dan sebagai sumbangan pemikiran pada perusahaan untuk menentukan kebijakan yang akan diambil dimasa yang akan datang serta perusahaan dapat meningkatkan kinerja
c.    Bagi STMT Trisakti
Sebagai informasi tambahan dan bahan bacaan untuk menambah pengetahuan khususnya pada manajemen logistics dan material, serta sekaligus sebagai data dokumentasi perpustakaan STMT Trisakti
D.  Metodologi Penelitian
1. Jenis dan Sumber data
a.Jenis dan Sumber data
                Dalam penelitian ini, jenis data yang digunakan adalah:
1)  Data kualitatif yaitu data yang berupa kata-kata dan bukan angka. Data ini didapat langsung dari koresponden. Kemudian data tersebut dikelompokan ke dalam skala likert, dimana pendapat dan skornya dapat dilihat dalam tabel berikut:
2)  Data kuantitatif yaitu data yang berbentuk angka atau bilangan. Sumber data yang penulis gunakan dalam penelitian ini :
a)   Data Primer yaitu data yang diperoleh langsung dari karyawan berupa jawaban terhadap pertanyaan dalam kuesiober yang diberikan kepada karyawan.
b)   Data Sekunder yaitu merupakan data yang diperoleh dengan cara membaca, mempelajari, dan mengutip dari buku-buku, jurnal, dan literatur yang berhubungan dengan materi yang dibahas
                                            Tabel I.1
                            Skala Likert
Pendapat
Skor
Sangat Setuju
5
Setuju
4
Ragu-ragu
3
Tidak Setuju
2
Sangat tidak setuju
1
    Sumber : (Sugiyono, 2013 : 136)


2.   Populasi dan Sampel
     Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dan obyek atau subyek yang memiliki kuantitas dan karakteristik tertentu yang diterapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya (Ridwan 2013:237 dari Nazir 2004).Populasi dan penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Cipta Krida Bahari divisi distribution yang berjumlah 25 orang.
     Sampel adalah sebagian dari populasi yang diambil sebagai sumber data dan dapat mewakili seluruh populasi (Ridwan, 2013: 253). Dalm penelitian ini yang menjadi sampel adalah 25 orang.
3.  Metode Pengumpulan Data
a. Riset Lapangan (Field Research)
                      Data diperoleh dengan penelitian langsung ke PT. Cipta Krida Bahari
1)   Wawancara
Penulis melakukan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait untuk melengkapi data dalam penelitian ini.
2)   Observasi,
Merupakan salah satu teknik operasional pengumpulan data melalui proses pencatatan secara cermat dan sistematis terhadap obyek yang dicermati secara langsung.

3)     Kuesioner,
Merupakan metode pengumpulan data dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan atau angket yang akan diisi oleh pihak terkait atau responden.
b.Riset Kepustakaan
     Mengumpulkan data dengan cara membaca dan mengutip dari buku, laporan jurnal ilmiah, dan tulisan yang mengandung informasi dan mendukung landasan teoritas mengenai masalah yang sedang diteliti.
4.   Metode Analisa Data
a.    Regresi linier sederhana (Sugiyono, 2010 : 261)
     Regresi sederhana didasarkan pada hubungan fungsional ataupun kausal satu variabel independen dengan satu variabel dependen. Persamaan umum regresi linier sederhana adalah :
Y = a + bX
Dimana :
Y =  Subyek dalam variabel dependen yang diprediksikan.
a  =  Harga Y bila X = 0 (harga konstan).
 b  =   Angka arah atau koefisien regresi, yang menunjukkan angka peningkatan ataupun penurunan variabel dependen yang didasarkan pada variabel independen. Bila b (+) maka naik, dan bila (-) maka terjadi penurunan.
X  = Subyek pada variabel independen yang mempunyai nilai tertentu.
Selain itu, harga a dan b dapat dicari dengan rumus berikut (Sugiyono, 2010 : 262):
b.      Koefisien Korelasi (Sugiyono, 2010:228)
     Teknik korelasi ini digunakan untuk mencari hubungan dan membuktikan hipotesis hubungan dua variabel bila data kedua variabel berbentuk interval atau ratio, dan sumber data dari dua variabel atau lebih tersebut adalah sama.


Dimana:
rxy=    Korelasi antara variabel x dengan y.
y        =       Variabel dependen.
x        =       Variabel independen.
n        =       Besarnya sampel.
                                                            Tabel I. 2
Interpretasi Koefisien Korelasi
Interval Koefisien
Tingkat Hubungan
0,00 - 0,199
Sangat rendah
0,20 - 0,399
Rendah
0,40 - 0,599
Sedang
0,60 - 0,799
Kuat
0,80- 1,000
Sangat kuat
                 Sumber : (Sugiyono, 2010 : 231)
c.      Koefisien Determinasi (Sugiyono, 2010 : 231)
Dalam analisis korelasi  terdapat  suatu  angka yang disebut  denganKoefisien Determinasi, yang besarnya adalah kuadrad dari koefisien korelasi (r2).
Koefisien ini disebut koefiisen penentu, karena varians yang terjadi pada variable dependen dapat dijelaskan melalui varians yang terjadi pada variabel independen.
KD = (r)2xlOO%
d.      Uji Hipotesis (Sugiyono, 2010:230)
     Pengujian hipotesis dilakukan dengan cara membandingkan nilai thitung terhadap ttabel. Perumusan hipotesis menggunakan hipotesis awal dengan r (rho)yaitu:
Ho :r = 0,   artinya tidak ada pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y.
Ha :r≠ 0,    artinya terdapat pengaruh antara variabel X terhadap Variabel Y.
Untuk mencari nilai thitung digunakan rumus:
t =
Sedangkan untuk mencari nilai ttabel digunakan tabel distribusi pada = 5%(0,05);dk = n-2
Keterangan :
t = thitung yang selanjutnya dikonsultasikan dengan
r = Koefisien korelasi.
n = Jumlah anggota sampel.
Ketentuan :
Bila  thitung> ttabel maka       Ha diterima.
      Bilathitung<ttabelsmaka          Ha ditolak.
E.     Hipotesis
     Hipotesis adalah diduga asumsi dasar yang digunakan dalam suatu penelitian. Ada pengaruh antara variable X kompensasi dengan, variable Y yaitu kinerja karyawan
F.     Uji hipotesis
1.      Ho: Tidak ada pengaruh antara kompensasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Cipta Krida Bahari divisi distribution
2.      Ha: Ada pengaruh antara kompensasi terhdapa kinerja karyawan pada PT. Cipta Krida Bahari divisi distribution
                                                Gambar I.1.
                                    Kurva Normal Uji Hipotesis
                    




           
(Sugiyono, 2010 : 97)
G.    Sistematika penulisan
     Berikut sistematika penulisan yang akan digambarkan oleh penulis:
BAB I      PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian serta metodologi penelitian.


BAB II    LANDASAN TEORI
Teori adalah konsep yang telah teruji secara empiris (melalui penelitian). Di dalam landasan teori ini, penulis memilih berbagai macam teori yang berhubungan dengan skripsi.
BAB III    GAMBARAN UMUM PT. CIPTA KRIDA BAHARI
Dalam bab ini, terdapat pembahasan mengenai sejarah PT. cipta krida bahari.
BAB IV    ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini, berisi tentang pembahasan dari apa yang tertulis pada judul skripsi.
BAB V      PENUTUP

                  Berisi tentang kesimpulan dari pembahasan serta saran.

1 komentar:

  1. Casino Player Reviews | Deposit at the Casino 2021
    Casino 오산 출장샵 Player Reviews & Ratings by Casino Player. Casino Player 구미 출장안마 Ratings and information 정읍 출장안마 about their gaming experience. Learn about casino bonuses, safety, 영주 출장안마 reputation,  Rating: 4.2 · ‎3,397 reviews 세종특별자치 출장마사지

    BalasHapus