Jumat, 29 April 2016

Januar Bayu M 224413088 - Metode Penelitian A

PENGARUH MARKETING TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN DI PERUSAHAAN PELAYARAN


I. LATAR BELAKANG

Indonesia merupakan Negara maritim yang mempunyai ribuan pulau dan lautan yang luas, dalam kegiatan pendistribusian hasil produksi maka memerlukan transportasi laut dalam hal mengirimi barang dalam jumlah cukup banyak. Hal ini sudah terjadi ber abad – abad yang lalu semenjak ditemukan transportasi laut. 

Sekarang penggunaan transportasi laut khususnya kapal container telah mencapai tingkat yang cukup tinggi dan teknologi yang canggih sehingga memungkinkan proses loading dan discharging lebih mudah dan cepat, dalam hal pengiriman barang pada saat ini, eksportir maupun importir dapat mengirim barangnya menggunakan kapal melalui perusahaan pelayaran. Perusahaan pelayaran dalam menghandle berbagai permintaan konsumen yang bertindak sebagai consigne ataupun shipper harus cepat, tepat dan efisien agar pemakai jasa dapat puas akan service yang di berikan. 

Umumnya di perusahaan pelayaran manapun di dunia, permasalahan yang sering di hadapi dalam bisnis ini adalah pencarian muatan secara berkala berdasarkan jumlah barang yang dapat di angkut oleh kapal beserta waktu yang telah di tentukan, hal ini tak jarang membuat sebagian perusahaan pelayaran yang tidak mempunyai pangsa pasar yang luas kalah bersaing disebabkan pencarian muatan tidak sebanding dengan ruangan kapal yang diangkut, sehingga cost bahan bakar lebih besar pengguanaannya daripada keuntunganya.

Disinilah peran marketing dalam penghubung antara consigne atau shipper dalam menghubungi perusahaan pelayaran, tidak hanya itu peran marketing dalam perusahaan pelayaran terbilang cukup luas dan sangat berpotensi dalam menghasilkan laba bagi perusahaan. Maka dapat disimpulkan bagi perusahaan pelayaran yang mempunyai marketing yang baik pastinya arus barang setiap berkalah dapat lancar dan di handle dengan baik. Maka pada skripsi ini akan di jelaskan berbagai konsep dan manfaat dari judul yang telah di tulis pada skripsi ini


II. IDENTIFIKASI MASALAH

Dari latar belakang masalah diatas, dapat diidentifikasikan bahwa masih terdapat perusahaan pelayaran yang belum mengembangkan marketing sebagai senjata utama di perusahaan pelayaran dalam hal mencari muatan. Terdapat kekurangan dalam hal anggaran pada bagian marketing sehingga kelancaran pencarian muatan terhambat. Masih terdapat perusahaan pelayaran yang belum terpacu untuk melakukan riset pasar untuk mengetahui kendala dan keinginan consignee atau shipper dalam menggunakan jasa perusahaan pelayaran dan promosi kepada consignee dan shipper tentang keuntungan yang didapat apabila menggunakan jasa perusahaan mereka.



III. PEMBATASAN MASALAH

Agar penelitian ini lebih efektif, efisien, terarah dan dapat dikaji lebih mendalam maka diperlukan pembatasan masalah. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah

1. Manfaat dan pengembangan marketing yang baik di perusahaan pelayaran yang akan di spesialisasikan pada pencarian muatan dan pelanggan tetap
2. Menjelaskan secara detail hubungan pendapatan dengan pengguanaan marketing di perusahaan, sehingga tercipta aliran hubungan yang saling mengisi antara variable yang satu dengan yang lain.
3. Menjelaskan lebih tepat porsentase anggaran yang baik di bagian marketing pada perusahaan pelayaran.
Dan semuanya di teliti di Jakarta pada tahun 2011

IV. POKOK MASALAH

1. Bagaimana penggunaan marketing yang baik di perusahaan pelayaran dan sudah optimalkah?

2. Bagaimana cara meningkatkan pendapatan di perusahaan pelayaran sesuai dengan target yang di inginkan?

3. Apakah terdapat hubungan antara penggunaan marketing terhadap peningkatan pendapatan di perusahaan pelayaran?


V. TUJUAN PENELITIAN

Penelitian ini bertujuan untuk mencari kebenaran dari penggunaan metode marketing yang secara baik dapat meningkatkan pendapatan perusahaan secara berkala dan juga memperoleh pangsa pasar yang cukup luas serta pelanggan yang tetap yang merupakan sumber pendapatan bagi perusahaan.







VI. MANFAAT PENELITIAN


Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai langkah awal untuk menciptakan suatu system pada perusahaan pelayaran dalam menghadapi keadaan krisis ekonomi global di dalam negeri sehingga perusahaan pelayaran dapat bertahan dari inflasi yang sering melanda di Indonesia serta menghadapi serta bersaing dengan competitor asing maupun di dalam negeri.

VII. METODOLOGI PENELITIAN

a. Jenis dan sumber data
jenis data yang akan digunakan adalah kualitatif serta sumber data yang digunakan data sekunder yang diambil dari beberapa perusahaan pelayaran

b. Populasi dan sampel
Menggunakan random sampling serta pengambilan data dari beberapa perusahaan pelayaran di Jakarta.

c. Teknik pengambilan data 
- Teknik studi lapangan dengan memberikan kousioner dan wawancara terhadap beberapa perusahaan yang berkembang dan maju di Jakarta
- Pustaka , dengan melakukan pencarian dari beberapa buku referensi yang terkait dengan judul skripsi.

d. Teknik analisis data
Teknik analisis data menggunakan analisis asosiatif dengan meneliti hubungan antara dua variable yang saling terkait sehingga tercipta suatu kesimpulan yang tepat dan dapat di uji kebenarannya secara real.


VIII. HIPOTESIS 

Di duga terdapat hubungan positif antara penggunaan marketing dengan peningkatan pendapatan di perusahaan pelayaran.

IX. SISTEMATIKA 

BAB I : PENDAHULUAN
BAB II : LANDASAN TEORI
BAB III :GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN
BAB IV : ANALISIS PEMBAHASAN
BAB V : PENUTUP

X. DAFTAR PUSTAKA
- Hermawan Kartajaya dan Philip Kotler, 2002, Rethinking Marketing; Sustainable Marketing Enterprise in Asia. Jakarta: Prenhallindo.

- Keegan, Warren J. 1996, Manajemen Pemasaran Global: Alih Bahasa, Alexander Sindoro Jilid 1, Jakarta: Prenhallindo.

- Widyatmini,1995, Pengantar Bisnis,Cetakan ke IV edisi 1,seri,Depok,Seri Diktat Kuliah: Gunadarma

- Gruenwald, G. 1985. Seri Pemasaran dan Promosi, Pengembangan Produk Baru, PT Alex Media Komputindo, Jakarta

- Kotler, P. 1995. Manajemen Pemasaran; Analisa, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jilid I, edisi kedelapan, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

- Dan Berbagai sumber lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar