Minggu, 24 April 2016

tugas metode penelitian / agung laksamana 224413072


Tugas Metode Penelitian




Nama : Agung Laksamana
Jurusan : S1 MLM 
Nim : 224413072





BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, persaingan dunia logistik menjadi sangat ketat, baik di pasar domestik (nasional) maupun di pasar internasional (global). Untuk memenangkan persaingan, perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada para pelanggan dan meningkatkan kualitas pelayanan dengan menerapkan standar pelayanan agar kebijakan yang di ambil manajemen perusahaan akan mempengaruhi penjualan. Dengan demikian pelanggan akan memberikan respon positif terhadap perusahaan karena kepuasan yang di rasakan setelah pelayanan jasa yang baik. Pelanggan yang tidak puas akan meninggalkan perusahaan tersebut dan menjadi pelanggan pesaing, ini dapat menyebabkan penurunan penjualan dan pada gilirannya akan menurunkan laba bahkan kerugian.
PT Cipta Krida Bahari merupakan perusahaan yang bergerak di bidang freight forwading, menyediakan jasa air forwarder, sea freight forwader, custom broker, warehousing, transporter atau tracking. Yang siap bersaing untuk memberikan jasa pelayanan transportasi yang terbaik. Namun pada kenyataannya sering terjadi kendala pengiriman barang hal ini juga terjadi pada perusahaan tersebut dalam kegiatannya tentu saja tidak terjadi berjalan dengan sempurna, masih adanya keluhan dari pelanggan, yaitu kurang baiknya kinerja karyawan, terhambatnya kinerja karyawan yang disebabkan kurangnya peralatan gudang seperti forklift, handjek, listtruck, pallet. Kurang terawatnya peralatan gudang yang menyebabkan barang tersebut menjadi berkarat dan sering tidak bisa di gunakan.Standart operasional yang tidak dijalankan oleh operator forklift sehingga menyebabkan kerusakan pada barang yang diangkut seperti genset milik PT Trakindo pada bulan juli tahun 2015.  PT Cipta Krida Bahari akan mencoba untuk tetap berusaha agar pelanggan mereka tetap merasa puas dengan pelayanan yang di berikan dan tidak pindah ke perusahaan lain yang sejenis. Kerusakan pada barang sebagian besar terjadi pada saat proses put away yaitu peletakan barang pada saat diterima ketempat penyimpanan dengan menggunakan forklift. Begitu juga pada saat proses picking barang dengan menggunakan forklift. Oleh karena itu, penting bagi para operator untuk melakukan pelatihan agar dapat meminimalisir kesalahan pada saat proses put away dan picking barang.
Berdasarkan uraian di atas penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan menuangkannya dalam bentuk skripsi dengan judul:
"HUBUNGAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA OPERATOR FORKLIFT PADA PT CIPTA KRIDA BAHARI JAKARTA TAHUN 2015”
B.       Perumusan Masalah
1.         Identifikasi Permasalahan
Berdasarkan tulisan yang dikemukakan dalam latar belakang diatas, maka terdapat beberapa masalah yang dapat diidentifikasikan, antara lain:
a.         Terhambatnya kinerja karyawan yang disebabkan kurangnya peralatan gudang seperti forklift, handjek, listtruck, dan pallet.
b.        Kegiatan handling tidak sesuaiStandart Operational Procedure(SOP).
c.         Sering terjadinya kerusakan barang pada proses put away(penyimpanan) danpicking(pengambilan) .

2.    Pembatasan Masalah
Dalam penilitian ini penulis tertarik untuk mencari hubungan pelatihan terhadap kinerja operator forklift pada PT Cipta Krida Bahari Tahun 2015.
3.    Pokok permasalahan
Berdasarkan pembatasan masalah diatas, maka pokok permasalahan yang akan dibahas sebagai berikut :
a.       Bagaimana pelatihan operator forklift di PT Cipta Krida Bahari pada tahun 2015?
b.      Bagaimana kinerja operator forklift pada PT Cipta Krida Bahari tahun 2015?
c.       Bagaimana hubungan antara kegiatan pelatihan dengan tingkat kinerja operator forklift pada PT Cipta Krida Bahari tahun 2015?
C.      Tujuan Dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Dalam menyusun skripsi ini, penulis melakukan penelitian yang  bertujuan:
a.         Untuk mengetahui dan menganalisis pelatihan yang benar agar tidak terjadi kerusakan barang pada  PT Cipta Krida Bahari tahun 2015.
b.         Untuk mengetahui dan menganalisis serta memberikan solusipada kinerja operator forklift PT Cipta Krida Bahari tahun 2015.
c.         Untuk mengetahui hubungan pelatihan kinerja operator forklift pada kerusakan barang PT Cipta Krida Bahari 2015.
1.      Manfaat Penelitian
Dalam penelitian ini penulis mempunyai beberapa manfaat tertentu antara lain:
a.         Bagi penulis
Untuk menambah pengetahuan dan wawasan yang lebih luas mengenai pengaruh keterlambatan pengiriman barang terhadap pendistribusian barang bagi pelanggan.
b.  Bagi perusahaan
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahaan dalam     mempertahankan dan meningkatkan pelayanan penanganan barang kepada pelanggan.
c.  Bagi STMT trisakti
Sebagai informasi tambahan dan sumbangan ilmu pengetahuan mengenai penanganan alat beratdan sebagai data dokumentasi perpustakaan.
D.      Metodologi Penelitian
1.      Jenis dan Sumber Data
a.      Jenis Data
Dalam penelitian ini, jenis data yang dipergunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif, yaitu :
1)      Data Kualitatif adalah data yang dipergunakan dalam bentuk kalimat uraian dan diperoleh langsung dari sumber yang diteliti.
2)      Data Kuantitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk angka.
b.      Sumber Data
Sumber data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder :
1)      Data Primer merupakan data yang diperoleh secara langsung dari subjek penelitian seperti pengamatan langsung, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner.
2)      Data sekunder merupakan data yang digunakan untuk melengkapi data primer, diperoleh dari sumber-sumber yang sudah ada seperti media elektronik dan studi kepustakaan.
Sumber data yang diambil adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari responden berupa jawaban kuesioner dan data sekunder yang berasal dari data yang telah dikumpulkan pihak-pihak lain yang berkaitan dengan topik penelitian ini. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang didapatkan, yang kemudian data kualitatif tersebut dikuantitatifkan dengan menggunakan skala likert. Adapun skala likert sebagai berikut :



Tabel I.1
Skala lima (Likert)
Pendapat
Skor
Sangat Setuju (SS)
5
Setuju (S)
4
Ragu-Ragu (RR)
3
Tidak Setuju (TS)
2
Sangat Tidak Setuju (STS)
1
Sumber Sugiono (2008:135)
2.      Populasi dan Sample
1)      Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas: obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya (Sugiyono, 2012:61). Populasi merupakan jumlah keseluruhan dari objek yang diteliti, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Cipta Krida Bahari sebanyak 20 orang.
2)      Sample adalah sebagian dari populasi yang diambil sebagai sumber data dan dapat mewakili seluruh populasi (Ridwan, 2013: 253). Teknik sample yang diambil adalah sampling jenuh. Sampel jenuh yang dapat diartikan sebagai teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel (Sugiono, 2008: 116) . Jadi sampel, sampel yang diambil oleh penulis sebesar 20 orang.

1.         Teknik Pengumpulan Data
Dalam meperoleh data untuk penulisan ini, penulis menggunakan metode sebagai berikut :

1)            Penelitian Lapangan (Field Research)
Metode pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan mengadakan tinjauan langsung pada proses inbound dan outbond dalam gudang. Data ini merupakan data primer yang dipakai dalam menganalisis topik yang dipilih. Untuk dapat memperoleh data maka dilakukan kegiatan sebagai berikut:
a) Observasi
Yaitu pengamatan yang dilakukan secara langsung terhadap kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan operasional perusahaan.
b)        Kuesioner
Angket / kuesioner adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan kepada orang lain yang dijadikan responden untuk dijawabnya.
2)            Penelitian Kepustakaan
Penelitian kepustakaan ini dimaksudkan untuk mencari, membaca,mencatat dan mengumpulkan bahan bacaan dari literatur yang terdapat diperpustakaan yang berhubungandengan topik yang dipilih, serta data-datadari sumber-sumber tertentu yang berkaitan dengan masalah yangditeliti.
3) Metode Analisis Data
Untuk menganalisis data menggunakan uji statistik korelasi dan regresi linier sederhana. Ridwan (2009:133) “Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika),  Regresi Linier Sederhana salah satunya untuk meramalkan atau memprediksi variabel terikat (Y) apabila variabel bebas (X) diketahui. Regresi Linier Sederhana dapat di analisis karena didasari oleh hubungan fungsional atau hubungan sebab akibat (kausal) variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Karena ada perbedaan yang mendasar dari analisis korelasi  dan analisis regresi. Pada dasarnya analisis regresi dan analisis korelasi keduanya punya hubungan yang sangat kuat dan mempunyai keeratan. Setiap analisis regresi otomatis ada analisis korelasinya, sebaliknya analisis korelasi belum tentu diuji regresi atau diteruskan dengan analisis regresi, karena kedua variabelnya tidak mempunyai hubungan fungsional atau sebab akibat.
a)   RumusanRegresi Linier Sederhana
Dalam hal ini variable independen/variable bebasnya adalah X (Pelatihan) dan variable dependent/variable terkait adalah Y (kinerja operator), dengan menggunakan persamaan sebagai berikut :
Y = a +bX
Dimana :
Y  = Variabel terikat (kinerja operator)
X=Variabel bebas (pelatihan)
A     =Nilai konstanta harga Y jika X = 0
B      =Nilai arah sebagai penentu ramalan (prediksi) yang menunjukkan nilai peningkatan (+) atau nilai penurunan (-) variabel Y
n = jumlah pasang observasi/pengukuran
b = ;    a =

 b)    KoefisienKorelasi
MenurutRidwan (2009:124) danSugijono(2009:255)Korelasimerupakanalatuntukmengetahuiderajathubunganantara variable bebas (X) dengan variable terikat (Y).
Rumus yang digunakan Korelasi Pearson Product Moment ( r )
r =
Dimana :
Korelasi PPM dilambangkan ( r )  dengan ketentuan nilai r tidak lebih dari harga (-1 ≤ r ≤ +1), apabila :
r =  1, hubungan X dan Y adalah sangat kuat.
r = -1, hubungan X dan Y adalah negatif sempurna.
r =  0, tidak ada hubungan x dan y
Arti harga r dikonsultasikan dengan table Interpretasi Nilai r sebagai berikut .

Tabel 1.2
Interpretasi Koefisien Korelasi
Interval Koefisien
Tingkat Hubungan
0,80 – 1,000
0,60 – 0,799
0,40 – 0,599
0,20 – 0,399
0,00 – 0,199
Sangat Kuat
Kuat
Cukup Kuat
Rendah
Sangat Rendah
Ridwan (2009:124); Sugijono (2009:257)
a)             KoefisienDiterminanatauKoefisienPenentu
Menurut Ridwan (2009:125), untuk menyatakan besar kecilnya sumbangan variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) ditentukan dengan koefisien determinan/penentu
KP = r2 x 100%
Dimana :
KP = Nilai Koefisien Diterminan/Penentu
r     = Nilai Koefisien Korelasi
b)            UjiHipotesis
Uji hipotesis adalah prosedur yang memungkinkan keputusan dapat dibuat, yaitu menolak atau menerima hipotesis alternatif (Ha) yang dikemukakan pada bagian sebelum ini. Pengujian hipotesis (uji satu pihak/one tail test) dengan uji pihak kanan “ Uji pihak kanan digunakan apabila hipotesis nol (Ho) berbunyi “lebih kecil atau sama dengan (≤)” dan hipotesis alternatif (Ha) berbunyi “lebih besar (>)”. Kalimat lebih kecil atau sama dengan sinonim dengan kata “paling besar” menurutSugiyono (2012 : 102). dilakukan dengan cara membandingkan nilai thitung dengan ttabel.
Perumusan Hipotesis menggunakan hipotesis awal dengan ρ (rho) yaitu :
Ho :ρ =0, artinya tidak ada hubungan antara variabel X dengan variabel Y.
Ha : ρ>0, artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel X dengan Variabel Y.
Untuk mencari nilai thitung  Menurut Sugiyono (2012 : 230), untuk menguji hipotesis tersebut digunakan rumus sebagai berikut:
Sedangkan untuk mencari nilai ttabel digunakan tabel distribusi t pada :
α =  0,05; dk = n-2
Dimana :
 = thitung yang selanjutnya dikonsultasikan dengan t tabel
 = Koefisien Korelasi
 = Jumlah Sampel

Ketentuan :
Bila thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat hubungan variabel X dengan variabel Y.
Bila thitung < ttabel, maka Ha ditolak dan Ho diterima, artinya tidak terdapat hubungan variable X dengan variable Y.
Hal ini dapat digambarkan sebagai berikut :

Gambar 1.1
Uji Satu Arah


Daerah Penolakan Ho dan Penerimaan Ha
 



Daerah Penerimaan Ho Ho
penolakanHa
Ho

           
            Sumber: Sugiyono (2011: 165)

E.       HIPOTESIS
Dalam penelitian ini penulis menggunakan hipotesis diduga terdapat hubungan yang signifikan dan positif daripelatihan terhadap kinerja operator forklift.

F.        SISTEMATIKA PENULISAN
BAB IPENDAHULUAN
Dalam bab ini penulis menguraikan tentang latar belakang masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II  LANDASAN TEORI
Dalam bab ini penulisan mengenai pengertian atau konsep dan teori yang digunakan untuk penyusunan skripsi, dan diperoleh dari berbagai sumber berkaitan dengan penelitian sesuai dengan judul skripsi dan pokok permasalahan.
BAB III        GAMBARAN UMUM PT CIPTA KRIDA BAHARI
Dalam bab ini penulis menguraikan secara umum sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi perusahaan serta kegiatan usahaperusahaan.
BAB IV       ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini menganalisis dan membahas pokok permasalahan dan tujuan penelitian yang dikemukakakan pada bab 1 yaitu : gambaran keterampilankaryawan dalam melakukanhandling alat berat di PT. Cipta Krida Bahariuntuk meningkatkan efektifitas penanganan alat berat.
BAB V         PENUTUP

Pada bab ini penulis menguraikan hasil akhir analisis dan pembahasan yang dikemukakan pada bab 4 berupa kesimpulan dari analisis danpembahasan pokok permasalahan dan tujuan penelitian serta memberikan saran dari hasil kesimpulan tersebut, sebagai bahan masukan bagiperusahaan dan pihak lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar