Trias Nur Setiadi
2244.13.081
PERANAN
FUNGSI API (AUTOMATIC PROGRAM INTERFACE) TERHADAP PRODUKTIVITAS BARANG DAN
BIAYA DI DEPARTEMEN E-COMMERCE PT. SYNERGY FIRST LOGISTICS PADA TAHUN 2014
BAB I
PENDAHULUAN
a.
Latar Belakang Masalah
Asia
Tenggara merupakan wilayah yang terdiri dari banyak negara berkembang, dengan
memanfaatkan momentum di Era globalisasi saat ini, persaingan sehat antar
negara memaksa setiap negara untuk memanfaatkan Sumber daya baik alam, manusia
dan technology untuk dapat bersaing
dan berkembang, saat ini Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang,
dengan kekayaan sumber daya alamnya, negara Indonesia mencoba untuk dapat
bersaing dalam memperbaiki seluruh lini perekonomian negara, Pada sekarang ini
perusahaan jasa dibidang logistik seperti distribusi, transportasi dan
pergudangan mengalami perkembangan cukup pesat maka dengan semakin bertambah
dan berkembangnya perusahaan jasa logistik maka setiap
perusahaan harus siap menghadapi persaingan dengan perusahaan sejenisnya yang
tidak terbatas lagi secara lokal, melainkan mencakup kawasan regional dan
global, untuk mampu bersaing dan memiliki keunggulan kompetitif untuk tetap
hidup dan berkembang tentunya dengan cara memberikan kepuasan bagi pelanggan.
Tujuan utama
dari suatu perusahaan pada dasarnya adalah untuk memperoleh
laba yang optimal sesuai dengan
pertumbuhan perusahaan dalam jangka
panjang. Namun disamping itu, tuntutan
konsumen yang senantiasa berubah menuntut
perusahaan agar lebih fleksibel dalam memenuhi tuntutan konsumen yang dalam hal
ini berhubungan langsung dengan seberapa baiknya kualitas produk dan jasa yang diterima oleh
konsumen.
Kerusakan-kerusakan
yang terjadi di sebabkan oleh banyak faktor yang paling berpengaruh terhadap
suatu kerusakan, dengan semakin berkembangnya kompleksitas dari peralatan
maupun sistem proses, kehilangan barang – barang, dan juga oleh karena besarnya kerugian yang harus
di tanggung perusahaan akibat kesalahan pada proses
penginputan data dalam sistem atau kemasan mengalami
kerusakan, kegiatan penanganan barang bukan saja dianggap sebagai fungsi tambahan dari
sistem produksi, melainkan suatu bagian yang penting dalam usaha peningkatan produktivitas yang berkaitan dengan bertambahnya profitabilitas perusahaan.
Kegiatan penanganan barang sudah
merupakan suatu bagian yang harus dilibatkan didalam proses penyimpanan, dimana staf
dari kegiatan penanganan harus terlibat secara aktif dalam kegiatan penanganan untuk menjamin efisiensi operasional yang optimal. Pelatihan
untuk karyawan juga sangat penting guna meminimalisir kesalahan prosedur kerja
yang baik dan benar, baik di bidang teknik lapangan dan pengetahuan tentang
teknologi yang ada.
PT. SYNERGY FIRST LOGISTICS adalah sebuah
perusahaan penyedia jasa layanan logistic
terpadu nasional yang sedang berkembang pesat dan memilikki system pada e-commerce dan distribusi barang.
Layanan logistik yang diberikan bersifat fleksibel sehingga dapat disesuaikan
dengan kebutuhan, meliputi pelayanan
transportasi darat dan udara, manajemen gudang, e-commerce, dan solusi terpadu dengan jangkauan area di seluruh
Indonesia.
PT. SYNERGY FIRST
LOGISTICS memfokuskan segmen pasarnya yaitu perusahaan–perusahaan yang bergerak
dalam penyedia jasa logistics dan distribusi barang. Di dalam proses penanganan
di dalam gudang, terdapat beberapa faktor-faktor yang menyebabkan tingginya
biaya yg di keluarkan oleh perusahaan pada tahun 2014, diantaranya penanganan
barang yg kurang optimal, proses penginputan data yg kurang efektif dan efisien, kurangnya kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia, serta terjadinya
keterlambatan pengiriman barang PT.
Synergy First Logistics.
Berdasarkan uraian diatas maka
penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk
skripsi dengan judul :
“PERANAN FUNGSI API (AUTOMATIC PROGRAM INTERFACE) TERHADAP PRODUKTIVITAS BARANG DAN BIAYA DI DEPARTEMEN E-COMMERCE DI
PT. SYNERGY FIRST LOGISTICS JAKARTA PADA TAHUN 2014”.
- Perumusan Masalah
1.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah maka
identifikasi masalah skripsi ini adalah :
a.
penanganan barang yg kurang
optimal
b.
proses penginputan data yg
kurang efektif dan efisien
c.
kurangnya kemampuan dan keterampilan sumber daya
manusia
2.
Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah maka penulis membatasi masalah
peranan fungsi API
(AUTOMATIC PROGRAM INTERFACE) terhadap
produktivitas barang dan biaya di departemen e-commerce di PT synergy first
logistics Tangerang pada tahun 2014
Pokok
Masalah
Berdasarkan
pembatasan masalah di atas, maka pokok permasalahan yang akan dibahas adalah
sebagai berikut :
a. Bagaimana
perbandingan proses penginputan barang dengan menggunakan API dan manual.
b. Bagaimana
penanganan barang di PT. Synergy First Logistics.
c. Hubungan
ketrampilan karyawan dengan keterlambatan barang PT. Synergy First Logistics.
c.
Tujuan
dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan
Penelitian
Dalam menyusun
skripsi ini, penulis melakukan berbagai penelitian yang semuanya bertujuan :
a. Untuk
mengetahui proses penginputan data
menggunakan sistem API (Automatic Program
Interface).
b. Mengetahui
penyebab barang yg kurang optimal di PT Synergy First
Logistics.
c. Untuk
mengetahui bagaimana cara penanganan
karyawan yg kurang ketrampilan dan keahlian.
2.
Manfaat
Penelitian
a. Bagi Penulis
Untuk
menambah wawasan serta pengetahuan yang lebih di departemen e-commerce karena
sebagai media tempat penulis mengaplikasikan ilmu yang penulis punya mengenai penyebab
faktor-faktor masih menggunakan proses manual dan barang yg kurang optimal di PT Synergy
First Logistics pada tahun 2014.
b. Bagi Lembaga
Sebagai
informasi dan pengetahuan tambahan mengenai faktor-faktor penyebab kurang efektif dan efisien dalam memproses barang
dengan manual dan penanganan barang yg kurang optimal karena akan bermanfaat
sebagai data dokumentasi perpustakaan STMT Trisakti.
c. Bagi PT. Synergy First Logistics
Hasil penelitian
ini diharapkan dapat digunakan sebagai sedikit saran dan masukan untuk karyawan
serta Manajemen PT. Synergy First Logistics Tangerang yang berguna bagi kemajuan perusahaan khususnya dalam hal peningkatan
proses barang dengan menggunakan sistem API
dan lebih mengoptimalkan kinerja.
d.
Metodologi
Penelitian
1.
Jenis
dan Sumber Data
a. Jenis
Data
Dalam
penelitian ini, jenis data yang digunakan adalah data kualitatif maupun
kuantitatif. Adapun yang dimaksud dengan data kuantitatif dan data kualitatif
adalah sebagai berikut :
1) Data kuantitatif
yaitu data dari hasil serangkaian observasi atau pengukuran yang
dinyatakan dalam bentuk angka.
2) Data kualitatif yaitu data dari hasil serangkaian
observasi tidak dinyatakan dalam bentuk angka–angka tapi berupa kategori.
b.
Sumber Data
Sumber data yang
penulis gunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Yang
dimaksud dengan data primer dan data sekunder yaitu:
a. Data
primer merupakan data yang diperoleh langsung dari sumbernya, diamati dan
dicatat yang biasanya dilakukan melalui wawancara, pengamatan (observasi) dan
kuisioner atau angket dan lain-lain.
Di dalam penelitian ini
data primer yang digunakan oleh peneliti adalah data yang diperoleh dengan
melakukan wawancara langsung pada karyawan dan selama melakukan kegiatan
praktek kerja lapangan (PKL).
b. Data
Sekunder yaitu data yang diperoleh dari berbagai sumber bacaan yang dapat
dipergunakan sebagai dasar penunjang dalam menganalisis masalah–masalah yang
menjadi pembahasan dalam skripsi ini. Data Sekunder diperlukan dengan cara
membaca berbagai macam buku yang berhubungan dengan skripsi ini atau merupakan
suatu data pelengkap yang dicari di luar perusahaan dan dari catatan–catatan
perusahaan.
2.
Populasi
dan Sampel
a. Populasi
Populasi merupakan
keseluruhan objek yang diteliti, dimana dalam penelitian ini yang menjadi objek
penelitian adalah memproses barang dengan menggunakan sistem API dan memproses barang dengan manual.
b. Sampel
Data dikumpulkan dengan cara mengambil
sampel dari sistem pada tahun 2014 .
3.
Teknik
Pengumpulan Data
a. Penelitian
Lapangan (Field Research)
Metode pengumpulan data
dan informasi dengan mengadakan tinjauan langsung ke perusahaan guna mengamati
secara langsung objek yang diteliti. Data ini merupakan data primer yang akan
dipakai dalam menganalisis topik yang dipilih yang diperoleh melalui:
1)
Pengamatan Langsung
(Observasi)
Observasi ini dilakukan
dengan pengamatan dan pencatatan langsung fakta yang dijumpai di tempat objek
penelitian dan data yang diberikan oleh perusahaan.
2) Wawancara
(interview)
Yaitu dengan melakukan tanya jawab secara
langsung dengan pihak perusahaan, baik pemimpin maupun karyawan yang dapat
memberikan informasi untuk kepentingan penelitian.
3) Kuesioner
Yaitu teknik
pengumpulan data dengan memberikan atau menyebarkan daftar pertanyaan kepada
responden dengan harapan memberikan respon atas dasar pertanyaan tersebut.
b. Penelitian
Kepustakaan (Library Research)
Penelitian ini
dimaksudkan untuk mencari, membaca, mencatat dan mengumpulkan bahan bacaan dari
literatur yang terdapat di perpustakaan yang berhubungan dengan topik yang
dipilih.
4.
Teknik Analisis Data
Dalam menjelaskan perbandingan bagaimana perbandingan
proses penginputan barang dengan menggunakan API(Automatic Program Interace) dengan proses manual maka peneliti
menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Menurut Dra. Aswarni Sudjud
yang dikutip oleh Suharsimi Arikunto (2006 : 267), penelitian komparasi akan
dapat menemukan persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan tentang
benda-benda, tentang orang tentang prosedur kerja, tentang ide-ide, kritik
terhadap orang, kelompok, terhadap suatu ide atau suatu prosedur kerja, dapat
juga membandingkan kesamaan pandangan dan perubahan-perubahan pandangan orang,
grup atau negara, terhadap kasus, terhadap orang, peristiwa atau terhadap
ide-ide.
Kemudian dalam
mengetahui besarnya perbedaan
antara menggunakan API (Automatic Program
Interface) dengan proses manual. Proses pengolahan data menggunakan alat analisis
sebagai berikut :
1)
Analisis trend untuk menjelaskan kecenderungan
kenaikan atau penurunan hasil proses barang dengan menggunakan sistem API
dengan proses manual pada tahun
2014. Menurut Suharyadi dan Purwanto
S.K (2003 : 168), “Trend adalah suatu gerakan kecenderungan
naik atau turun dalam jangka panjang yang diperoleh dari rata-rata perubahan
dari waktu ke waktu dan nilainya cukup rata (smooth). Trend data
berkala bisa berbentuk trend yang
meningkat dan menurun secara mulus. Trend
yang meningkat disebut dengan trend
positif dan trend yang menurun
disebut dengan trend negatif. Trend menunjukkan perubahan waktu yang
relatif panjang dan stabil. Kekuatan yang dapat mempengaruhi trend adalah perubahan populasi, harga,
teknologi, dan produktivitas.
2)
Uji tanda (sign-test),
untuk membandingkan memproses barang dengan menggunakan sistem API dan dengan proses manual pada tahun
2014. Menurut Suharyadi dan Purwanto
S.K (2004 : 600), Uji tanda adalah uji yang dimaksudkan untuk melihat adanya
perbedaan dan bukan besarnya perbedaan serta didasarkan pada prosedur pada
tanda positif dan negatif dari perbedaan antara pasangan data ordinal.
3)
Rumus untuk menghitung
persentase selisih perbedaan antara kumpulan data satu dengan kumpulan data
lainnya, yang biasa dikenal dengan analisis horizontal, dengan rumus sebagai berikut :
n
– (n-1)
= 100%
(n-1)
n = suatu kelompok data
n-1
= kelompok data yang ingin dicari persentase selisih perbedaannya
e.
Sistematika
Penulisan
Untuk memudahkan pemahaman dalam skripsi yang akan dibuat
maka penulis membagi atas 5 (lima) bab yang terdiri dari beberapa sub bagian.
Adapun yang dibahas pada masing-masing bab secara garis besar dapat dijelaskan,
yaitu dengan sistematika penulisan sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Dalam
bab ini dibahas latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat
penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN
TEORI
Dalam
bab ini penulisan mengenai pengertian atau konsep dan teori yang digunakan
untuk penyusunan skripsi, dan diperoleh dari berbagai sumber yang berkaitan
dengan penelitian sesuai dengan judul skripsi dan pokok permasalahan.
BAB III GAMBARAN UMUM
PT. SYNERGY
FIRST LOGISTICS JAKARTA TAHUN 2014
Dalam bab
ini penulis menguraikan secara umum sejarah singkat perusahaan, struktur
organisasi perusahaan serta kegiatan usaha perusahaan.
BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini diuraikan tentang gambaran kegiatan proses
penginputan barang di departemen E-Commerce
PT. Synergy First Logistics Tangerang dan membandingkan proses
penginputan barang antara menggunakan API
(Automatic Program Interface) dengan proses manual pada PT. Synergy First Logistics Tangerang tahun 2014.
BAB V PENUTUP
Bab ini merupakan Bab terakhir yang berisikan kesimpulan
dari hasil penelitian yang dilakukan dan menyampaikan saran-saran yang kiranya
bermanfaat bagi PT. SYNERGY FIRST LOGISTICS TANGERANG TAHUN 2014.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar