Kamis, 21 April 2016

TRIAS NUR SETIADI 2244.13.081



Trias Nur Setiadi
2244.13.081

PERANAN FUNGSI API (AUTOMATIC PROGRAM INTERFACE) TERHADAP PRODUKTIVITAS BARANG DAN BIAYA DI DEPARTEMEN E-COMMERCE PT. SYNERGY FIRST LOGISTICS PADA TAHUN 2014




BAB I
PENDAHULUAN
a.      Latar Belakang Masalah
       Asia Tenggara merupakan wilayah yang terdiri dari banyak negara berkembang, dengan memanfaatkan momentum di Era globalisasi saat ini, persaingan sehat antar negara memaksa setiap negara untuk memanfaatkan Sumber daya baik alam, manusia dan technology untuk dapat bersaing dan berkembang, saat ini Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang, dengan kekayaan sumber daya alamnya, negara Indonesia mencoba untuk dapat bersaing dalam memperbaiki seluruh lini perekonomian negara, Pada sekarang ini perusahaan jasa dibidang logistik seperti distribusi, transportasi dan pergudangan mengalami perkembangan cukup pesat maka dengan semakin bertambah dan berkembangnya perusahaan jasa logistik maka setiap perusahaan harus siap menghadapi persaingan dengan perusahaan sejenisnya yang tidak terbatas lagi secara lokal, melainkan mencakup kawasan regional dan global, untuk mampu bersaing dan memiliki keunggulan kompetitif untuk tetap hidup dan berkembang tentunya dengan cara memberikan kepuasan bagi pelanggan.
Tujuan utama dari suatu perusahaan pada dasarnya adalah untuk memperoleh laba yang optimal sesuai dengan pertumbuhan perusahaan dalam jangka panjang. Namun disamping itu, tuntutan konsumen yang senantiasa berubah menuntut perusahaan agar lebih fleksibel dalam memenuhi tuntutan konsumen yang dalam hal ini berhubungan langsung dengan seberapa baiknya kualitas produk dan jasa yang diterima oleh konsumen.
Kerusakan-kerusakan yang terjadi di sebabkan oleh banyak faktor yang paling berpengaruh terhadap suatu kerusakan, dengan semakin berkembangnya kompleksitas dari peralatan maupun sistem proses, kehilangan barang – barang, dan juga oleh karena besarnya kerugian yang harus di tanggung perusahaan akibat kesalahan pada proses penginputan data dalam sistem atau kemasan mengalami kerusakan, kegiatan penanganan barang bukan saja dianggap sebagai fungsi tambahan dari sistem produksi, melainkan suatu bagian yang penting dalam usaha peningkatan produktivitas yang berkaitan dengan bertambahnya profitabilitas perusahaan.
Kegiatan penanganan barang sudah merupakan suatu bagian yang harus dilibatkan didalam proses penyimpanan, dimana staf dari kegiatan penanganan harus terlibat secara aktif dalam kegiatan penanganan untuk menjamin efisiensi operasional yang optimal. Pelatihan untuk karyawan juga sangat penting guna meminimalisir kesalahan prosedur kerja yang baik dan benar, baik di bidang teknik lapangan dan pengetahuan tentang teknologi yang ada.
PT. SYNERGY FIRST LOGISTICS adalah sebuah perusahaan penyedia jasa layanan logistic terpadu nasional yang sedang berkembang pesat dan memilikki system pada e-commerce dan distribusi barang. Layanan logistik yang diberikan bersifat fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan  kebutuhan, meliputi pelayanan transportasi darat dan udara, manajemen gudang, e-commerce, dan solusi terpadu dengan jangkauan area di seluruh Indonesia.

PT. SYNERGY FIRST LOGISTICS memfokuskan segmen pasarnya yaitu perusahaan–perusahaan yang bergerak dalam penyedia jasa logistics dan distribusi barang. Di dalam proses penanganan di dalam gudang, terdapat beberapa faktor-faktor yang menyebabkan tingginya biaya yg di keluarkan oleh perusahaan pada tahun 2014, diantaranya penanganan barang yg kurang optimal, proses penginputan data yg kurang efektif dan  efisien, kurangnya kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia,  serta terjadinya keterlambatan pengiriman barang  PT. Synergy First Logistics.
Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk skripsi dengan judul :
PERANAN FUNGSI API (AUTOMATIC PROGRAM INTERFACE) TERHADAP PRODUKTIVITAS BARANG DAN BIAYA DI DEPARTEMEN E-COMMERCE DI PT. SYNERGY FIRST LOGISTICS JAKARTA PADA TAHUN 2014.

  1. Perumusan Masalah
1.      Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah maka identifikasi masalah skripsi ini adalah :
a.       penanganan barang yg kurang optimal
b.      proses penginputan data yg kurang efektif dan  efisien
c.       kurangnya kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia
2.      Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah maka penulis membatasi masalah peranan fungsi API (AUTOMATIC PROGRAM INTERFACE) terhadap produktivitas barang dan biaya di departemen e-commerce di PT synergy first logistics Tangerang pada tahun 2014
Pokok Masalah
Berdasarkan pembatasan masalah di atas, maka pokok permasalahan yang akan dibahas adalah sebagai berikut :
a.       Bagaimana perbandingan proses penginputan barang dengan menggunakan API dan manual.
b.      Bagaimana penanganan barang di PT. Synergy First Logistics.
c.       Hubungan ketrampilan karyawan dengan keterlambatan barang PT. Synergy First Logistics.


c.       Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.      Tujuan Penelitian
Dalam menyusun skripsi ini, penulis melakukan berbagai penelitian yang semuanya bertujuan :
a.       Untuk mengetahui proses penginputan data menggunakan sistem API (Automatic Program Interface).
b.      Mengetahui penyebab barang yg kurang optimal di PT Synergy First Logistics.
c.       Untuk mengetahui bagaimana cara penanganan karyawan yg kurang ketrampilan dan keahlian.

2.      Manfaat Penelitian
a.       Bagi Penulis
      Untuk menambah wawasan serta pengetahuan yang lebih di departemen e-commerce karena sebagai media tempat penulis mengaplikasikan ilmu yang penulis punya mengenai penyebab faktor-faktor masih menggunakan proses manual dan barang yg kurang optimal di PT Synergy First Logistics pada tahun 2014.
b.      Bagi Lembaga
Sebagai informasi dan pengetahuan tambahan mengenai faktor-faktor penyebab kurang efektif dan efisien dalam memproses barang dengan manual dan penanganan barang yg kurang optimal  karena akan bermanfaat sebagai data dokumentasi perpustakaan STMT Trisakti.


c.       Bagi PT. Synergy First Logistics
Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai sedikit saran dan masukan untuk karyawan serta Manajemen PT. Synergy First Logistics Tangerang yang berguna bagi kemajuan perusahaan khususnya dalam hal peningkatan proses barang dengan menggunakan sistem API dan lebih mengoptimalkan kinerja.

d.      Metodologi Penelitian
1.      Jenis dan Sumber Data
a.       Jenis Data
Dalam penelitian ini, jenis data yang digunakan adalah data kualitatif maupun kuantitatif. Adapun yang dimaksud dengan data kuantitatif dan data kualitatif adalah sebagai berikut :
1)      Data kuantitatif  yaitu data dari hasil serangkaian observasi atau pengukuran yang dinyatakan dalam bentuk angka.
2)      Data kualitatif yaitu data dari hasil serangkaian observasi tidak dinyatakan dalam bentuk angka–angka tapi berupa kategori.
b.      Sumber Data
Sumber data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Yang dimaksud dengan data primer dan data sekunder yaitu:
a.       Data primer merupakan data yang diperoleh langsung dari sumbernya, diamati dan dicatat yang biasanya dilakukan melalui wawancara, pengamatan (observasi) dan kuisioner atau angket dan lain-lain.
Di dalam penelitian ini data primer yang digunakan oleh peneliti adalah data yang diperoleh dengan melakukan wawancara langsung pada karyawan dan selama melakukan kegiatan praktek kerja lapangan (PKL).
b.      Data Sekunder yaitu data yang diperoleh dari berbagai sumber bacaan yang dapat dipergunakan sebagai dasar penunjang dalam menganalisis masalah–masalah yang menjadi pembahasan dalam skripsi ini. Data Sekunder diperlukan dengan cara membaca berbagai macam buku yang berhubungan dengan skripsi ini atau merupakan suatu data pelengkap yang dicari di luar perusahaan dan dari catatan–catatan perusahaan.
2.      Populasi dan Sampel
a.       Populasi
Populasi merupakan keseluruhan objek yang diteliti, dimana dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah memproses barang dengan menggunakan sistem API dan memproses barang dengan manual.
b. Sampel
      Data dikumpulkan dengan cara mengambil sampel dari sistem pada tahun 2014 .

3.      Teknik Pengumpulan Data
a.       Penelitian Lapangan (Field Research)
Metode pengumpulan data dan informasi dengan mengadakan tinjauan langsung ke perusahaan guna mengamati secara langsung objek yang diteliti. Data ini merupakan data primer yang akan dipakai dalam menganalisis topik yang dipilih yang diperoleh melalui:
1)      Pengamatan Langsung (Observasi)
Observasi ini dilakukan dengan pengamatan dan pencatatan langsung fakta yang dijumpai di tempat objek penelitian dan data yang diberikan oleh perusahaan.
2)      Wawancara (interview)
      Yaitu dengan melakukan tanya jawab secara langsung dengan pihak perusahaan, baik pemimpin maupun karyawan yang dapat memberikan informasi untuk kepentingan penelitian.
3)      Kuesioner
Yaitu teknik pengumpulan data dengan memberikan atau menyebarkan daftar pertanyaan kepada responden dengan harapan memberikan respon atas dasar pertanyaan tersebut.
b.      Penelitian Kepustakaan (Library Research)
Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari, membaca, mencatat dan mengumpulkan bahan bacaan dari literatur yang terdapat di perpustakaan yang berhubungan dengan topik yang dipilih.

4.      Teknik Analisis Data

Dalam menjelaskan perbandingan bagaimana perbandingan proses penginputan barang dengan menggunakan API(Automatic Program Interace) dengan proses manual maka peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Menurut Dra. Aswarni Sudjud yang dikutip oleh Suharsimi Arikunto (2006 : 267), penelitian komparasi akan dapat menemukan persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan tentang benda-benda, tentang orang tentang prosedur kerja, tentang ide-ide, kritik terhadap orang, kelompok, terhadap suatu ide atau suatu prosedur kerja, dapat juga membandingkan kesamaan pandangan dan perubahan-perubahan pandangan orang, grup atau negara, terhadap kasus, terhadap orang, peristiwa atau terhadap ide-ide.
      Kemudian  dalam  mengetahui  besarnya perbedaan antara menggunakan API (Automatic Program Interface) dengan proses manual. Proses pengolahan data menggunakan alat analisis sebagai berikut :
1)      Analisis trend untuk menjelaskan kecenderungan kenaikan atau penurunan hasil proses barang dengan menggunakan sistem API   dengan proses manual pada tahun 2014. Menurut Suharyadi dan Purwanto S.K (2003 : 168),Trend adalah suatu gerakan kecenderungan naik atau turun dalam jangka panjang yang diperoleh dari rata-rata perubahan dari waktu ke waktu dan nilainya cukup rata (smooth). Trend data berkala bisa berbentuk trend yang meningkat dan menurun secara mulus. Trend yang meningkat disebut dengan trend positif dan trend yang menurun disebut dengan trend negatif. Trend menunjukkan perubahan waktu yang relatif panjang dan stabil. Kekuatan yang dapat mempengaruhi trend adalah perubahan populasi, harga, teknologi, dan produktivitas.
2)      Uji tanda (sign-test), untuk membandingkan memproses barang dengan menggunakan sistem API dan dengan proses manual pada tahun 2014. Menurut Suharyadi dan Purwanto S.K (2004 : 600), Uji tanda adalah uji yang dimaksudkan untuk melihat adanya perbedaan dan bukan besarnya perbedaan serta didasarkan pada prosedur pada tanda positif dan negatif dari perbedaan antara pasangan data ordinal.
3)      Rumus untuk menghitung persentase selisih perbedaan antara kumpulan data satu dengan kumpulan data lainnya, yang biasa dikenal dengan analisis horizontal, dengan rumus sebagai berikut :
n – (n-1)  = 100%
   (n-1)
n    = suatu kelompok data
n-1 = kelompok data yang ingin dicari persentase selisih perbedaannya

e.       Sistematika Penulisan
Untuk memudahkan pemahaman dalam skripsi yang akan dibuat maka penulis membagi atas 5 (lima) bab yang terdiri dari beberapa sub bagian. Adapun yang dibahas pada masing-masing bab secara garis besar dapat dijelaskan, yaitu dengan sistematika penulisan sebagai berikut:


BAB I                         PENDAHULUAN
Dalam bab ini dibahas latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II            LANDASAN TEORI
Dalam bab ini penulisan mengenai pengertian atau konsep dan teori yang digunakan untuk penyusunan skripsi, dan diperoleh dari berbagai sumber yang berkaitan dengan penelitian sesuai dengan judul skripsi dan pokok permasalahan.

BAB III          GAMBARAN UMUM PT. SYNERGY FIRST LOGISTICS JAKARTA TAHUN 2014
Dalam bab ini penulis menguraikan secara umum sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi perusahaan serta kegiatan usaha perusahaan.

BAB IV          ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini diuraikan tentang gambaran kegiatan proses penginputan barang di departemen E-Commerce  PT. Synergy First Logistics Tangerang dan membandingkan proses penginputan barang antara menggunakan API (Automatic Program Interface) dengan proses manual pada PT. Synergy First Logistics Tangerang tahun 2014.

BAB V      PENUTUP
Bab ini merupakan Bab terakhir yang berisikan kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan dan menyampaikan saran-saran yang kiranya bermanfaat bagi PT. SYNERGY FIRST LOGISTICS TANGERANG TAHUN 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar