TUGAS PROPOSAL SKRIPSI
OLEH
:
JUNIUSENO EKO SAPUTRA
(224413139)
SEKOLAH
TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR TRISAKTI
JAKARTA
TAHUN 2016
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG MASALAH
Perdagangan
internasional merupakan salah satu sektor yang memegang peranan penting didalam
kelancaran dan kemajuan perekonomian bagi suatu negara. Dengan dimulainya era
globalisasi, frekuensi perdagangan antar negara semakin meningkat pesat. Oleh
karena itu, dibutuhkan adanya suatu alat pengangkutan dengan kapasitas yang
besar serta dengan biaya yang rendah.
Bagi
dunia perdagangan, khususnya perdagangan internasional, pelayaran niaga
memegang peranan yang sangat penting. Hampir sebagian besar barang ekspor dan
impor diangkut dengan kapal laut. Hal ini karena kapasitas angkut kapal
laut jauh lebih besar daripada alat-alat pengangkutan lainnya.
Dalam
hal ini PT. Sumisho Global Logistics Indonesia berperan sebagaiforwarder.
Seperti biasanya forwarder adalah arsitek transportasi yang berperan
sangat penting dalam mata rantai pengiriman barang dari suatu tempat ke tempat
lain. Kedudukan forwarder berperan pernting untuk pengiriman barang,
baik utuk ekspor ataupun impor. Walaupun forwarderitu sendri dalam
melakukan operasinya adalah dengan menyewa ruangan kapal dan alat transportasi
dari perusahaan angkutan. Namun forwarderdapat melakukan kegiatan yang
lebih efisien daripada eksportir dan importir yang mengurus barang-barangnya
sendiri. Dengan ini eksportir dan importir juga terbantu dalam pengurusan
dokumen untuk muatan yang diangkutnya.
Namun
semua itu tidak berjalan dengan mudah, di Indonesia semakin banyak perusahaan
yang bergerak di bidang yang sama yaitu, forwarder.Banyaknya kompetitor
mengakibatkan perusahaan harus meningkatkan pelayanan agar pelanggan tidak
perpindah ke perusahan lain. Karena kepuasan pelanggan merupakan hal yang
paling penting bagi perusahaan. Maka selayaknya perusahaan harus melakukan
evaluasi di setiap kegiatan yang ada di perusahaan.
PT
Sumisho Global Logistics Indonesia memberikan pelayanan jasa yang tepadu mulai
dari importir ke eksportir (door to door service) dengan proses yang cepat dan
tepat melalui network yang tersebar dibeberapa negara memudahkan
pelayanan kepada pelanggan.
Berdasarkan
uraian diatas maka penulis tertarik untuk mememilih judul penelitian
: “Analisis Hubungan Pelayanan Dokumen Impor Terhadap Kepuasan Pelanggan
Pada PT Sumisho Global Logistics Indonesia Tahun 2010”
B. PERUMUSAN
MASALAH
1. Identifikasi
Masalah
a. Pelayanan
dokumen yang kurang cepat
b. Terdapat
pelanggan yang kurang puas
c. Banyaknya
dokumen yang terbengkalai sehingga menyebabkan pelanggan kurang puas
2. Pembatasan
Masalah
Karena
keterbatasan waktu dan agar penelitian dapat dilakukan secara mendalam maka
peneliti membatasi masalah yaitu Analisis Hubungan Pelayanan Dokumen Impor
Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Sumisho Global Logistics Indonesia Tahun
2010.
3. Pokok
Masalah
a. Bagaimana
pelayanan dokumen impor pada PT Sumisho Global Logistics Indonesia tahun 2010?
b. Bagaimana
kepuasan pelanggan pada PT Sumisho Global Logistics Indonesia tahun 2010?
c. Apakah
terdapat hubungan anatara pelayanan dokumen impor dan kepuasan pelanggan pada
PT Sumisho Global Logistics Indonesia tahun 2010?
C. TUJUAN
& MANFAAT PENULISAN
1. Tujuan
Penelitian ini adalah :
a. Untuk
mengetahui pelayanan dokumen impor pada PT Sumisho Global Logistics Indonesia
tahun 2010.
b. Untuk
mengetahui kepuasaan pelanggan pada PT Sumisho Global Logistics Indonesia tahun
2010.
c. Untuk
mengetahui sejauh mana hubungan anatara pelayanan dokumen impor dan kepuasan
pelanggan pada PT Sumisho Global Logistics tahun 2010.
2. Manfaat
penelitian ini adalah:
a. Bagi
Penulis
Untuk menambah wawasan
dan pengetahuan tentang teori-teori yang diajarkan selama masa perkuliahan dan
salah satu syarat untuk menyelesaikan program studi strata satu (S1).
b. Bagi
Perusahaan (PT Sumisho Global Logistics Indonesia)
Sebagai
masukan dan informasi mengenai pelayanan dokumen impor yang berpengaruh
terhadap kepuasan pelanggan untuk dapat melakukan evaluasi di masa yang akan
datang.
c. Bagi Lembaga
Pendidikan (STMT TRISAKTI)
Sebagai
tambahan ilmu pengetahuan yang dapat digunakan sebagai bahan bacaan serta dapat
digunakan dan bermanfaat sebagai data dokumentasi perpustakaan STMT Trisakti.
D. HIPOTESIS
Hipotesis
dalam penelitian ini adalah: “ Diduga terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara pelayanan dokumen impor terhadap kepuasan pelanggan.”
E. METODOLOGI
PENELITIAN
Skripsi
merupakan hasil dari suatu peninjauan atau penelitian yang berakhir pada
analisis dan penulisan. Dalam penyusunan skripsi ini penulis melakukan
pengumpulan data serta keterangan yang dibutuhkan dalam pembahasan untuk
memberikan gambaran yang lebih jelas secara faktual dan sistematis.
Didalam penulisan
skripsi ini penulis menggunakan metode-metode penelitian sebagai berikut:
1. Jenis
dan Sumber Data
Jenis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang bersumber dari
PT Sumisho Global Logistics Indonesia tahun 2010 berupa data yang berhubungan
dengan pelayanan dokumen impor dan data yang berseumber dari pemakai jasa PT
Sumisho Global Logistics Indonesia tahun 2010.
2. Populasi
dan Sampel
a. Populasi
Populasi
adalah sekumpulan objek yang akan dijadikan sebagai bahan penelitian dengan
cirri mempunyai karakteristik yang sama. Yang menjadi populasi penelitian
adalah pengguna jasa PT Sumisho Global Logistics Indonesia tahun 2010.
b. Sampel
Menurut
Sugiono (2007: 91) sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang
dimiliki oleh populasi tersebut. Teknik sampling yang akan digunakan adalah
simple random sampling yaitu mengambil sampel dari populasi yang dilakukan
secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu.
3. Teknik
Pengumpulan Data
a. Penelitian
Lapangan (Field Research)
Ø Wawancara
(interview) yaitu tanya jawab langsung kepada pelanggan dan pada pihak
perusahaan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
Ø Pengamatan
(observasi ) yaitu mengamati secara langsung kegiatan pelayanan dokumen
impor.
b. Penelitian
Kepustakaan (Library Research)
Untuk
mengumpulkan data sekunder peneliti juga melakukan penelitian kepustakaan yang
bersumber dari buku- buku yang brkaitan dengan manajemen pemasaran dan juga
manajemen operasional. Selain itu penelitian juga dilakukan dengan mempelajari
laporan kerja yang ada di PT Sumisho Global Logistics Indonesia
tahun 2010.
4. Teknik
Analisis Data
Dalam
menganalisis data, penulis menggunakan metode korelasi yaitu metode mencari
hubungan secara menyeluruh dan teliti dari suatu keadaan.
a. Analisis
Regresi Linear
Y
= a + b X
Y
= variabel terikat ( kepuasan pelanggan )
X
= variabel bebas ( pelayanan dokumen impor)
a
= konstanta
b
= koefisien regresi
b. Analisis
Koefisien Korelasi besarnya hubungan kuat atau tidak
Koefisien
korelasi merupakan alat mengetahui apakah variabel X dan
variabel Y mempunyai suatu hubungan atau tidak.
r
=
c. Koefisien
Penentu
Sedangkan
untuk melihat berapa besar kontribusi antara jumlah tenaga kerja terhadap
jumlah penanganan dokumen dilakukan analisis koefisien penentu dengan rumus
sebagai berikut:
KP
= r ² x 100%
d. Uji
Hipotesis
Pengujian
hipotesis dilakukan dengan cara uji signifikasi yaitu :
t
=
F. SISTEMATIKA
PENULISAN
BAB
I : PENDAHULUAN
Bab
ini menjelaskan mengenai latar belakang, pemilihan judul adapun isinya tentang
Latar Belakang Masalah, Pembatasan Masalah, Perumusan Masalah,
Tujuan dan Manfaat Penelitian, Hipotesis, Metodologi Penelitian, dan
Sistematika Penulisan.
BAB
II : LANDASAN TEORI
Bab
ini menguraikan tentang landasan teoritis atau teori-teori pendukung yang
berhubungan dengan permasalahan, dan juga menguraikan kerangka konseptual dan
hipotesis dari penelitian ini.
BAB
III : GAMBARAN UMUM PT SUMISHO GLOBAL LOGISTICS INDONESIA
Bab
ini mengemukakan mengenai gambaran dan sejarah singkat, struktur organisasi,
manajemen perusahaan, dan fasilitas perusahaan serta kegiatan
usaha PT Sumisho Global Logistics Indonesia.
BAB
IV : ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Bab
ini berisikan pembahasan tentang masalah-masalah yang diungkapkan dalam
perumusan masalah, serta menganalisis data dengan menggunakan rumus yang telah
dikemukakan pada bab II.
BAB
V : PENUTUP
Bab
ini berisikan kesimpulan yang diambil dari bab IV, berdasarkan analisis dan
pembahasan, serta penyampaian saran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar